Minggu, 02 Juni 2013

Menggunakan Rasa Takut Untuk Kesuksesan

Keindahan hati dan keprimaan raga semoga selalu menyelimuti diri dalam setiap langkah  kita mengupayakan kecemerlangan kehidupan dan karir demi meraih cinta BELIAU Sang Maha MULIA. Amin.

˜Rasa takut”  kerap menghinggapi diri, dan tak asing dalam keseharian jiwa kita semua. 
Wah.... bahasan Guru Super kita dalam MTGW tadi malam sungguh menggugah hati ini untuk sedikit berbagi dengan “rasa takut gagal beberapa tahun lalu, Perkenankan saya ya.

Ketika itu dalam tahun terakhir saya di My Green Campus  sang dosen pembimbing skripsi , seorang doktor yang amat menyukai komoditi-komoditi unik untuk diujicoba budidayanya di Indonesia memberikan benih Phyeretrum, a kind of wild Chrysanthemum dari PNG.
 
Benih yang dari persemaian kemudian penanaman hingga berbunga membutuhkan waktusekitar  tujuh bulan. Dengan berbekal keberanian juga rasa takut gagal saya mulai melakukan penelitian di daerah Pasir Sarongge Puncak.
 
Pesemaian benih Phyretrum, sang bunga yang merupakan insektisida alami juga ekstrak bunga dari family Krisan ini sering digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan obat nyamuk, cukup berhasil.

Rasa takut berikutnya menjadi landasan untuk  menindaki upaya dangan kehati-hatian dan kesungguhan dalam melakukan replanting Phyretrum pada petak-petak percobaan. 
Hari demi hari menanti hasil dari perlakuan pupuk pada tanaman dataran tinggi tersebut hingga berbunga. 
 
Ternyata hanya beberapa tanaman yang berhasil berbunga, dikarenakan beberapa penyebab diantaranya  kondisi iklim juga faktor ketinggian tempat.  Walaupun dengan perhitungan matematis perancangan percobaan dapat menguatkan salah satu hipotesis di awal penelitian.
 
Dosen Pembimbing saya meminta untuk mengganti komoditi penelitian saya Phyretrum dengan Bambu (Bambusa Vulgaris L.) berikut mengubah rancangan percobaannya.
Duhh..
Sempat membuat diri ini terhenyak sedih mengingat waktu, tenaga dan biaya yang telah dikeluarkan untuk melakukan penelitain tersebut. 
 
Namun berkat kekuatan magis dari BELIAU Sang Maha Penyayang, dukungan dari orang tua juga teman-teman membuat saya tidak berlarut dengan lagu kegagalanyang terlihat  berisi lirik kegagalan namun memiliki tujuan keberhasilan.

Akhirnya dengan lebih memperbaiki cara penganganan dalam melakukan percobaan tanaman Bambu yang metode nya pun termasuk baru saya memulai kembali penelitaian saya.
Limpahan syukur pada Yang Kuasa, penelitian berhasil dengan cemerlang dan hanya memakan waktu tiga bulan serta menghasilkan kesimpulan yang berguna bagi khasanah ilmu Agronomi.

Maha Suci BELIAU Sang Maha Pemilik dengan segala kebaikan yang selalu memilihkan
saat-saat yang tepat  bagi hambanya untuk mencapai keberhasilan dan memaknai kegagalan.

Gunakan rasa takut gagal untuk
menjadi pribadi yang baik dalam sebaik-baiknya cara.
(Mario Teguh - MTGW,If We Hold On)
 
Gunakan rasa takut gagal kita untuk secepat mungkin bertindak kembali dengan memperhatikan cara-cara yang membaikkan untuk berfokus pada keberhasilan seperti nasehat indah Guru Santun kita ini.
 
Yakinilah
jika ada kemungkinan bagi kita untuk gagal
berarti ada kemungkinan bagi kita untuk berhasil.
Berfokuslah pada yang menghasilkan laku perhatikan apa yang terjadi.
(Mario Teguh MTGW,If We Hold On) 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Isi